RSS

asuhan keperawatan miokarditis


BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Di beberapa RS kasus-kasus miokarditis akut sering dijumpai, terutama pada kasus-kasus tifoid toksik, difteri, postinfeksi Streptococcus hemolyticus (demam rematik), demam berdarah dengue (DBD) berat, penyakit kolagen antara lain sistemik lupus eritematosus (SLE), bahkan penyakit beri-beri yang berat (Shosin) dan lain-lain sebagainya. Walaupun selama ini banyak kecurigaan adanya miokarditis akut sebagai komplikasi penyakit-penyakit tersebut, diagnosis hanya bergantung pada tanda-tanda klinis atau EKG yang tidak selalu khas.

Miokarditis dianggap ada apabila jantung terlibat dalam suatu proses peradangan. Pada umumnya, sebagai akibat dari suatu proses infeksi miokarditis dapat juga timbul dalam keadaan hipersensitifitas seperti demam reumatik akut ataupun radiasi, zat-zat fisik, kimia, dan obat-obatan
.
Dengan banyaknya kasus miokarditis yang terjadi, penyusun bermaksud untuk membahas tentang penyakit ini secara lebih detail dalam makalah yang berjudul “Miokarditis” ini.
1.2  Perumusan Masalah
Dengan memperhatikan latar belakang tersebut, agar dalam penulisan ini penulis memperoleh hasil yang diinginkan, maka  penulis mengemukakan beberapa rumusan masalah. Rumusan masalah itu adalah:
1.       Apa definisi dan penyebab miokarditis ?
2.       Bagaimana gejala penyakit miokarditis  ?
3.       Bagaimana cara mencegah terjadinya miokarditis ?
4.       Bagaimana penatalaksanaan miokarditis ?
1.3  Tujuan
Tujuan dari penyusunan makalah ini antara lain:
1.           Untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Keperawatan Dewasa II.
2.           Untuk mengetahui  penyebab terjadinya penyakit miokarditis .
3.           Untuk mengetahui gejala dan tanda terjadinya miokarditis.
4.           Untuk mengetahui cara pencegahan terjadinya miokarditis.
5.           Untuk mengetahui asuhan keperawatan pada miokarditis.
1.4  Manfaat
       Manfaat yang didapat dari makalah ini adalah:
1.    Mahasiswa dapat menambah pengetahuan tentang penyakit miokarditis.
2.    Mahasiswa dapat mengetahui tanda dan gejala miokarditis.
3.    Mahasiswa dapat mengetahui cara pencegahan miokarditis.
4.    Mahasiswa dapat mengetahui cara penatalaksanaan miokarditis.
5.    Makalah ini dapat dijadikan referensi untuk menambah wawasan.

BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
Myocardium lapisan medial dinding jantung yang terdiri atas jaringan otot jantung yang sangat khusus (Brooker, 2001).
Myocarditis adalah peradangan pada otot jantung atau miokardium. Pada umumnya disebabkan oleh penyakit-penyakit infeksi, tetapi dapat sebagai akibat reaksi alergi terhadap obat-obatan dan efek toxin bahan-bahan kimia dan radiasi (FKUI, 1999).
Myocarditis adalah peradangan dinding otot jantung yang disebabkan oleh infeksi atau penyebab lain sampai yang tidak diketahui (idiopatik) (Dorland, 2002).
Miokarditis adalah inflamasi fokal atau menyebar dari otot jantung (miokardium) (Doenges, 1999).
Menurut kriteria Dallas 1987 miokarditis adalah infiltrat inflamasi miokardium dengan nekrosis atau degenerasi miosit. Penyebab paling sering adalah virus, parasit atau kondisi autoimun. Insidens viral saat ini meningkat kemungkinan disebabkan pemeriksaan molekuler yang berkembang.19
Patogenesis miokarditis adalah kerusakan miokardium diikuti oleh respons inflamasi oleh pejamu. Bila respons imun pejamu berlebihan atau tidak semestinya inflamasi akan merusak jaringan jantung secara akut, menetap, menyebabkan remodelling dan akhirnya kardiomiopati dilatasi, gagal jantung, atau kematian.
Dari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa myocarditis adalah peradangan/inflamasi otot jantung oleh berbagai penyebab terutama agen-agen infeksi, misalnya virus seperti cocksakie virus, difteri , campak, influenza , poliomielitis, dan berbagai macam bakteri, rikettsia, jamur, dan parasit.




BAB III
PEMBAHASAN

3.1 DEFINISI
Miokarditis akut adalah proses inflamasi di miokardium, merupakan sebutan kolektif untuk penyakit inflamasi otot jantung dengan penyebab yang berbeda. Meskipun sejumlah besar miokarditis asimtomatik berlalu, mereka dapat memicu untuk gangguan jantung yang mengancam jiwa irama jantung dan kematian mendadak untuk memimpin. Apakah lapisan jantung (endocardium) dan jantung meliputi (epicardium terpengaruh), ini disebut Pankarditis.
3.2   ETIOLOGI DAN KLASIFIKASI
1) Acute isolated myocarditis adalah miokarditis interstitial acute dengan etiologi tidak diketahui.
2)  Bacterial myocarditis adalah miokarditis yang disebabkan oleh infeksi     bakteri.
3) Chronic myocarditis adalah penyakit radang miokardial kronik.
4) Diphtheritic myocarditis adalah mikarditis yang disebabkan oleh toksin bakteri yang dihasilkan pada difteri : lesi primer bersifat degeneratiff dan nekrotik dengan respons radang sekunder.
5) Fibras myocarditis adalah fibrosis fokal/difus mikardial yang disebabkan oleh peradangan kronik.
6) Giant cell myocarditis adalah subtype miokarditis akut terisolasi yang ditandai dengan adanya sel raksasa multinukleus dan sel-sel radang lain, termasuk limfosit, sel plasma dan makrofag dan oleh dilatasi ventikel, trombi mural, dan daerah nekrosis yang tersebar luas.
7) Hypersensitivity myocarditis adalah mikarditis yang disebabkan reaksi alergi yang disebabkan oleh hipersensitivitas terhadap berbagai obat, terutama sulfonamide, penicillin, dan metildopa.
8) Infection myocarditis adalah disebabkan oleh agen infeksius ; termasuk bakteri, virus, riketsia, protozoa, spirochaeta, dan fungus. Agen tersebut dapat merusak miokardium melalui infeksi langsung, produksi toksin, atau perantara respons immunologis.
9) Interstitial myocarditis adalah mikarditis yang mengenai jaringan ikat interstitial.
10) Parenchymatus myocarditis adalah miokarditis yang terutama mengenai substansi ototnya sendiri.
11) Protozoa myocarditis adalah miokarditis yang disebabkan oleh protozoa terutama terjadi pada penyakit Chagas dan toxoplasmosis.
12) Rheumatic myocarditis adalah gejala sisa yang umum pada demam reumatik.
13) Rickettsial myocarditis adalah mikarditis yang berhubungan dengan infeksi riketsia.
14) Toxic myocarditis adalah degenerasi dan necrosis fokal serabut miokardium yang disebabkan oleh obat, bahan kimia, bahan fisik, seperti radiasi hewan/toksin serangga atau bahan/keadaan lain yang menyebabkan trauma pada miokardium.
15) Tuberculosis myocarditis adalah peradangan granulumatosa miokardium pada tuberkulosa.
16) Viral myocarditis disebabkan oleh infeksi virus terutama oleh enterovirus ; paling sering terjadi pada bayi, wanita hamil, dan pada pasien dengan tanggap immune rendah (Dorland, 2002).
3.3 PATOFISIOLOGI
Proses infeksi terutama oleh virus, bakteri, jamur, parasit, protozoa dan spinoseta atau adanya keadaan hipersensitivitas ( demam rematik ) merupakan penyebab terjadinya miokarditis. Jadi miokarditis dapat terjadi pada psien dengan infeksi akut yang menerima terapi imunosupresif atau yang menderita endokarditis infeksi. Miokarditis bisa menyebabkan dilatasi jantung, trombus dalam dinding jantung ( mural trombi ) infiltrasi sel darah yang beredar di sekitar pembuluh koroner dan diantara serabut otot dan degenerasi serabut otot itu sendiri.
Kerusakan miokard oleh kuman-kuman infeksius dapat melalui tiga mekanisme dasar :
1) Invasi langsung ke miokard.
2) Proses immunologis terhadap miokard.
3)  Mengeluarkan toksin yang merusak miokardium.
Proses miokarditis viral ada 2 tahap :
Fase akut berlangsung kira-kira satu minggu, dimana terjadi invasi virus ke miokard, replikasi virus dan lisis sel. Kemudian terbentuk neutralizing antibody dan virus akan dibersihkan atau dikurangi jumlahnya dengan bantuan makrofag dan natural killer cell (sel NK).
Pada fase berikutnya miokard diinfiltrasi oleh sel-sel radang dan system immune akan diaktifkan antara lain dengan terbentuknya antibody terhadap miokard, akibat perubahan permukaan sel yang terpajan oleh virus. Fase ini berlangsung beberapa minggu sampai beberapa bulan dan diikuti kerusakan miokard dari yang minimal sampai yang berat (FKUI, 1999).
3.4 MANIFESTASI KLINIS
Gejala miokarditis ini dipengaruhi oleh jenis infeksi, derajat kerusakan jantung dan kemampuan miokardium memulihkan diri. Gejalanya biasanya ringan atau bahkan tidak sama sekali. Pasien dengan miokarditis mungkin hanya mengalami kelelahan dan dispneu, berdebar-debar dan kadang rasa tidak nyaman di dada dan perut atas. Dengan adanya pemeriksaan klinis mungkin memperlihatkan pembesaran jantung, suara jantung tambahan, irama gallop dan bising sistolik. Dan biasanya terdengar friction rub pericardial bila pasien mengalami perikarditis juga. Denyut alternans ( denyut dimana terdapat perubahan reguler antara denyut kuat dan lemah ) mungkin ditemukan. Demam dan takikardia sering ada dan gejala gagal jantung kongesti bisa terjadi.
Manifestasi klinis lain yang dapat muncul antara lain :
˜ Letih.
˜ Napas pendek.
˜ Detak jantung tidak teratur.
˜ Demam.
˜ Gejala-gejala lain karena gangguan yang mendasarinya (Griffith, 1994).
˜ Menggigil.
˜ Demam.
˜ Anoreksia.
˜ Nyeri dada.
˜ Dispnea dan disritmia.
˜ Tamponade ferikardial/kompresi (pada efusi perikardial) (DEPKES, 1993).
3.5 PENATALAKSANAAN
1)    Perawatan untuk tindakan observasi.
2) Tirah baring/pembatasan aktivitas.
3) Antibiotik atau kemoterapeutik.
4) Pengobatan sistemik supportif ditujukan pada penyakti infeksi sistemik   (FKUI, 1999).
5) Antibiotik.
6) Obat kortison.
7) Jika berkembang menjadi gagal jantung kongestif : diuretik untuk mnegurangi retensi ciaran ; digitalis untuk merangsang detak jantung ; obat antibeku untuk mencegah pembentukan bekuan (Griffith, 1994).
Pasien diberi pengobatan khusus terhadap penyebab yang mendasarinya, bila diketahui  ( misalnya penisillin untuk streptokokkus hemolitikus ) dan dibaringkan di tempat tidur untuk mengurangi beban jantung. Berbaring juga membantu mengurangi kerusakan miokardial residual dan komplikasi miokarditis.pengobatan pada dasarnya sama dengan yang digunakan untuk gagal jantung kongestif.
Fungsi jantung dan suhu tubuh selalu di evaluasi untuk menentukan apakah penyakit sudah menghilang dan apakah sudah terjadi gagal jantung kongestik. Bila terjadi disritmia pasien harus dirawat di unit yang mempunyai sarana pemantauan jantung berkesinambungan sehingga personel dan peralatan selalu tersedia bila terjadi disritmia yang mengancam jiwa.
Bila telah terjadi gagal jantung kongestif, harus diberi obat untuk memperlambat frekuensi jantung dan meningkatkan kekuatan kontraktilitas.stoking elastik dan latihan aktif dan pasif harus dilakukan karena embolisasi dari trombus vena dan mural trombi dapat terjadi.
Pasien dengan miokarditis sangat sensitif terhadap digitalis, maka pasien harus dipantau dengan ketat akan adanya toksisisitas digitalis (dibuktikan dengan adanya disritmia, anoreksia, nausea, muntah, bradikardia, sakit kepala dan malaise).
3.6  PENCEGAHAN
Pencegahan dapat dilakukan dengan imunisasi yang tepat dan penanganan awal nampaknya sangat penting dalam menurunkan insidensi miokarditis. Setelah mengalami suatu episode miokarditis biasanya masih tersisa pembesaran jantung. Aktifitas fisik harus ditingkatkan dengan perlahan-lahan dan bertahap , pasien di instruksikan untuk melaporkan gejala yang dirasakan saat aktifitas meningkat seprti jantung berdenyut cepat sekali, olahraga yang kompetitif dan alkohol sama sekali harus dihindari.
3.7 PEMERIKSAAN DIAGNOSTIK
• EKG menunjukkan adanya iskemia, hipertropi, blok konduksi, disritmia
(elevasi ST), PR depresi
• Echocardiografi: adanya efusi perikardial, hipertropi pericardial disfungsi katub, dilatasi atrium
• Enzim jantung: peningkatan CPK, tapi MB inzuenzim tidak ada
• Angiografi: terlihat stenosis katup dan regurgitasi dan atau menurunnya gerakan
• Rontgen: terlihat pembesaran jantung, infiltrat pulmonal
• CBC : terjadi proses infeksi akut / kronik ; anemia
• Kultur darah : untuk mengisolasi penyebab bakteri , virus dan jamur
• ESR: elevasi secara umum
• Titer ASO : demam rematik (kemungkinan faktor pencetus)
• Titer ANA : positif dengan penyakit autoimmun contoh: SLE (kemungkinan faktor pencetus)
• BUN: mengevaluasi uremia (kemungkinan faktor pencetus)
• Perikardiosentesis: cairan perikardial diperiksa untuk mengetahui penyebab infeksi, bakteri,TBC, virus atau infeksi jamur, SLE, penyakit rematik, keganasan  

3.7   PENGKAJIAN
1. Aktifitas / Istirahat
Gejala : kelelahan dan kelemahan
Tanda : Takikardi, penurunan TD, Dispnea dengan aktifitas
2. Sirkulasi
Gejala : Riwayat demam rematik, penyakit jantung kongenital, Infark miokard, bedah jantung (CABG / penggantian katup / by pass kardiopulmonal lama), palpitasi, jatuh pingsan
Tanda : Takikardia, disritmia , perpindahan TIM (Titik influks Maksimal) kiri dan inferior (pembesaran jantung) Friction Rub perikardial biasanya intermitten (terdengar di batas sternal kiri) murmur aortik, mitral ,stenosis / insufisiensi trikuspid, perubahan dalam murmur yang mendahului, disfungsi otot papilar, irama gallop (S3 dan S4), bunyi jantung normal pada awal perikarditis akut , edema, DVJ (GJK) petekie (konjungtiva, membran mukosa) hemoragi splinter (punggung kuku) nodus osler (jari/ ibu jari) lesi janiwae (telapak tangan/ telapak kaki)
3. Eliminasi
Gejala : Riwayat penyakit ginjal / gagal ginjal. Penurunan frekuensi/ jumlah urine.
Tanda : urine pekat dan gelap
4. Nyeri / ketidaknyamanan
Gejala : nyeri pada dada anterior ( sedang sampai berat/ tajam ) diperberat oleh inspirasi, batuk, gerakan menelan, berbaring, hilang dengan duduk bersandar ke depan ( perikarditis )tidak hilang dengan nitrogliserin. Nyeri dada /punggung/ sendi ( endokarditis )
Tanda : perilaku distraksi misal gelisah
5. Pernafasan
Gejala : Nafas pendek ; nafas pendek kronis memburuk pada malam hari ( miokarditis )
Tanda : Dispneu nokturnal, batuk, inspirasi mengi, takipnea, krekels dan ronki, pernafasan dangkal
6. Keamanan
Gejala : Riwayat infeksi virus, bakteri, jamur ( miokarditis ) penurunan sistem imun, misal program terapi imunosupresi
Tanda : Demam
7. Penyuluhan / pembelajaran
Gejala : terapi IV jangka panjang atau penggunaan kateter indwelling atau penyalahgunaan obat parenteral.
• bantu dalam pengolahan makanan
• rekreasi
• transportasi
• self care/kebutuhan pribadi
• kelangsungan kebutuhan rumah tangga (ibu rumah tangga)
Pertimbangan rencana pemulangan : DRG menunjukkan rerata 5,5 hari.
3.9 DIAGNOSA KEPERAWATAN DAN INTERVENSI
Diagnosa keperawatan adalah suatu penyatuan dari masalah pasien yang nyata maupun potensial berdasarkan data yang telah dikumpulkan (Boedihartono, 1994 : 17).
Diagnosa keperawatan yang muncul pada pasien dengan myocarditis (Doenges, 1999) adalah :
1. Nyeri berhubungan dengan inflamasi miokardium, efek-efek sistemik dari infeksi, iskemia jaringan.
2. Intoleransi aktivitas berhubungan dengan inflamasi dan degenerasi sel-sel otot miokard, penurunan curah jantung.
3. Risiko tinggi terhadap penurunan curah jantung berhubungan dengan degenerasi otot jantung, penurunan/kontriksi fungsi ventrikel.
4. Kurang pengetahuan (kebutuhan belajar) mengenai kondisi, rencana pengobatan berhubungan dengan kurang pengetahuan/daya ingat, mis- intepretasi informasi, keterbatasan kognitif, menyangkal diagnosa.
Intervensi adalah penyusunan rencana tindakan keperawatan yang akan dilaksanakan untuk menanggulangi masalah sesuai dengan diagnosa keperawatan (Boedihartono, 1994:20)
Implementasi adalah pengelolaan dan perwujudan dari rencana keperawatan yang telah disusun pada tahap perencanaan (Effendi, 1995:40).
Intervensi dan implementasi keperawatan yang muncul pada pasien dengan myocarditis (Doenges, 1999).
Prioritas Keperawatan
1. Timbulnya nyeri
2. Peningkatan istirahat dan membantu perawatan diri
3. Kaji pengobatan / penyebab yang mendasari
4. Mengatur sistim penyakit yang mendasari/ dan mencegah komplikasi
5. Petunjuk penyebab penyakit, pengobatan dan pencegahan
Rencana tujuan
1. Nyeri dapat dikontrol
2. Tingkat aktifitas (kebutuhan dasar) dapat dipenuhi
3. Infeksi dapat dikontrol : tidak terjadi demam
4. Mempertahankan hemodinamik yang stabil; bebas keluhan payah jantung
5. Perubahan gaya jantung


BAB IV
ASUHAN KEPERAWATAN
PASIEN DENGAN PENYAKIT  MIOKARDITIS

Diagnosa I : Nyeri akut sehubungan dengan peradangan miokardium atau perikardium, efek sistemik dari infeksi, dan iskemi jaringan.(miokardium),
1.      Ditandai dengan :
• Nyeri dada yang menjalar ke leher atau punggung.
• Nyeri sendi (joint pain)
• Nyeri bertambah saat inspirasi dalam, melakukan aktifitas, dan merubah posisi.
• Demam atau kedinginan.
2.   Kriteria evaluasi :
• Klien dapat mengidentifikasi cara-cara untuk mencegah nyeri.
• Klien dapat mengontrol dan melaporkan nyeri yang timbul
• Klien dapat mendemostrasikan tehnik relaksasi dan berbagai aktivitas yang diindikasikan untuk keadaan individual.
3.   Tindakan keperawatan
Independen:
Observasi adanya nyeri dada , catat waktu , faktor -faktor penyulit / pencetus, catat tanda-tanda nonverbal dari rasa tidak nyaman seperti kelemahan, ketegangan otot dan menangis. Pelihara atau ciptakan lingkungan yang tenang dan tindakan yang menyenangkan seperti perubahan posisi, beri kompres dingin atau hangat, dukungan mental, dan sebagainya.
Kolaboratif:
Berikan obat -obatan sesuai indikasi:
Nonsteroid, seperti: indometachin (indosin), ASA (aspirin).
Antipiretik, seperti: ASA / Asetaminophen (Tylenol), Steroid. Berikan oksigen sesuai indikasi.
4.   Rasional Tindakan
Lokasi nyeri perikarditis pada bagian substernal menjalar ke leher dan punggung. Tetapi berbeda dengan nyeri iskemi miokardial /infark. Nyeri tersebut akan bertambah pada saat inpirasi dalam, perubahan posisi, dan berkurang pada saat duduk/bersandar ke depan.
Catatan:
Nyeri dada ini ada atau tidaknya pada endokarditis/miokarditis tergantung adanya iskemi.
Tindakan -tindakan tersebut dapat mengurangi ketidaknyamanan fisik dan emosional pasien. Dapat mencegah timbulnya nyeri atau mengurangi respon inflamasi. Untuk mengurangi demam dan memberikan rasa nyaman. Berikan untuk gejala lebih lanjut. Memaksimalkan kemampuan pemakaian oksigen untuk mengurangi ketidaknyamanan sehubungan dengan iskemia.
Tindakan ini Dapat Menurunkan Ketidaknyaman fisik dan emosional pasien. Mengarahkan kembali perhatian, memberikan distraksi dalam tingkat individu. Dapat Menghilangkan nyeri, menurunkan respons inflamasi. Untuk menurunkan demam dan meningkatkan kenyamanan. Dapat diberikan untuk gejala yang lebih besar.
Memaksimalkan ketersediaan oksigen untuk ambilan untuk menurunkan beban kerja jantung dan menurunkan ketidaknyaman berkenaan dengan iskemia.

Diagnosa II : Keterbatasan aktifitas sehubungan dengan inflamasi dan degenerasi sel-sel otot miokarditis, restriksi pengisian jantung (kardiak output).
1.   Ditandai dengan :
• Keluhan kelemahan/kelelahan/sesak saat beraktifitas
• Perubahan tanda-tanda vital saat aktifitas
• Tanda-tanda CHF .
2.   Kriteria evaluasi:
• Peningkatan kemampuan aktifitas.
• Pengurangan tanda-tanda fisiologik yang tidak sesuai
• Mengungkapkan pentingnya aktifitas yang terbatas




3.   Tindakan keperawatan
Independen:
Kaji respon aktifitas pasien. Catat adanya/timbulnya dan perubahan keluhan seperti kelemahan, kelelahan dan sesak napas saat beraktifitas. Monitor denyut atau irama jantung /nada, takanan darah dan jumlah pernapasan, sebelum/sesudah dan selama aktifitas sesuai kebutuhan. Pertahankan bedrest selama periode demam dan sesuai indikasi. Rencanakan perawatan dengan pengaturan istirahat/periode tidur. Kaji kemampuan pasien dengan program latihan berkala sesegera mungkin untuk turun dari tempat tidur. Catat respon gejala vital dan peningkatan kemampuan beraktifitas. Evaluasi respon emosional terhadap situasi/pemberian support.
Kolaborasi:
Berikan terapi oksigen sesuai indikasi.
4.   Rasional Tindakan
Miokarditis menyebabkan imflamasi dan memungkinkan gangguan pada sel-sel otot yang dapat mengakibatkan CHF. Penurunan pengisian jantung/kardiak output akan menyebabkan cairan terkumpul pada rongga perikardial (bila ada perikarditis) yang pada akhirnya endokarditis dapat menimbulkan gangguan fungsi katub dan kecendrungan penurunan kardiak output. Membantu menggambarkan tingkat dekompensasi jantung dan paru. Penurunan tekanan darah, takikardi, disritmia, dan takipnea adalah indikasi gangguan aktifitas jantung. Kendalikan perubahan infeksi selama fase akut pada perikarditis /endokarditis.
Catatan:
Demam meningkatkan kebutuhan dan kosumsi oksigen, karenanya meningkatkan kerja jantung dan mengurangi kemampuan beraktifitas. Memelihara keseimbangan kebutuhan aktifitas jantung, meningkatkan proses penyembuhan dan kemampuan koping emosional. Kecemasan akan timbul karena infeksi dan kardiak respon (psikologik). Tingkat kekhawatiran dan kebutuhan pasien akan koping emosional yang baik ditimbulkan oleh kemungkinan sakit yang mengancam kehidupan. Dukungan dan support dibutuhkan untuk menghadapi kemungknan frustasi karena hospitalisasi yang lama/period penyembuhan Peningkatan kemapuan oksigenisasi pada miokarditis mengimbangi peningkatan komsumsi oksigen. Dapat terlihat pada aktifitas.

Diagnosa III : Potensial penurunan cardiak output sehubungan dengan peningkatan/penumpukan cairan pada rongga perikardium, stenosis/insufisiensi katub, penekanan/kontriksi fungsi ventrikel, dan degenerasi otot-otot jantung.
1.   Ditandai dengan :
(tidak dicantumkan ; tanda-tanda dan gejala -gejala hanya untuk diagnose yang aktual).
2.   Kriteria evaluasi:
• Berkurangnya keluhan sesak napas/dyspnea, angina dan disritmia.
• Identifikasi perilaku untuk mengurangi kerja jantung.
3.   Tindakan keperawatan
Independen :
Monitor jumlah dan irama nadi/jantung. Auskultasi suara jantung.Catat bunyi murmur, S3 dan S4 Gallop Pertahankan bedrest dalam posisi semi fowler.
Berikan tindakan untuk rasa nyaman seperti perubahan posisi dan perubahan aktifitas.
Berikan tehnik manegament stres seperti latihan napas. Observasi adanya nadi yang cepat, hipotansi, peningkatan CVP/DVJ, perubahan suara jantung, penurunan tingkat kesadaran. Evaluasi keluhan kelelahan, sesak napas, prepitasi, nyeri dada yang terus -menerus. Catat adanya pertambahan suara pernapasan, demam.
Kolaborasi:
- Berikan terapi oksigen sesuai indikasi
- Berikan terapi sesuai indikasi seperti diuretika dan digitalis.
- Berikan antibiotika dan antimicroba intravena.
- Bantu dalam perikardiosintesis darurat.
- Siapkan Pasien Untuk Pembedahan, Bila Terindikasi

4.   Rasional Tindakan
Takikardi dan disritmia dapat terjadi sebagai usaha jantung untuk meningkatkan output sebagai respon terhadap demam, hipoksia, dan asidosis sehubungan dengan iskemia.
Membantu deteksi dini adanya kompliksi seperti CHF dan kardiak tamponade, mengurangi kerja jantung dan memaksimalkan cardiac output.
Meningkatkan relaksasi dan memberikan perhatian.berguna untuk mengontrol kecemasan, meningkatkan relaksasi dan mengurangi kerja jantung dan cardiac output.
Manifestasi klinik pada cardiac tamponade yang mungkin terjadi pada perikarditis ketika akumulasi cairan eksudat pada rongga perikardial mengurangi pengisian jantung dan cardiac output.
Manifestasi CHF akibat endokarditis (infeksi/disfungsi katub) atau miokarditis (disfungsi otot-otot miokardial akut) Meningkatkan penggunakan oksigen untuk fungsi miokardial dan mengurangi efek metabolisme anaerob yang dapat terjadi sebagai akibat dari hipoksia dan asidosis. Dapat diberikan untuk meningkatkan kontraksi otot jantung dan mengurangi kerja jantung yang berlebihan pada CHF (miokarditis). Diberikan untuk patogen tertentu (pada endokarditis, perikarditis, miokarditis) untuk mencegah kerusakan/gangguan lebih lanjut.
Persiapkan klien untuk operasi sesuai Penggantian katub perlu untuk memperbaiki indikasi. cardiac output (perikarditis). Perikardiaktomi mungkin juga dilakukan karena adanya akumulasi yang berlebihan cairan perikardial atau adanya jaringan parut dan kontriksi fungsi jantung (perikarditis)

Diagnosa IV : Potensial gangguan perfusi jaringan sehubungan dengan trombuemboli atau kerusakan sekunder katub-katub pada endokarditis.
1.      Ditandai oleh :
(Tidak dicantumkan karena tanda dan gejala hanya untuk diagnosa yang aktual)
2.      Kriteria evaluasi:
Mempertahankan perfusi jaringan yang adekuat sesuai dengan kebiasaan individu seperti kebiasaan makan, tanda-tanda vital yang pasti, kehangatan, tekanan nadi perifer, keseimbangan intake dan output.
3.      Tindakan keperawatan
Independen:
Evaluasi status mental. Catat adanya hemiparalisis aphasia, kejang, muntah, peningkatan tekanan darah. Kaji nyeri dada, dispnea yang tiba-tiba ditandai dengan takipnea, nyeri pleuritis, cyanosis pucat. Observasi oedema pada ekstremitas. Catat kecendrungan / lokasi nyeri, tanda-tanda Homan positif. Observasi adanya hematuria yang ditandai oleh nyeri pinggang dan oliguria. Catat keluhan nyeri perut kiri atas menjalar ke bahu, kelemahan lokal, abdominalngiditas. Meningkatkan/mempertahankan bedrest sesuai dengan anjuran.
Kolaborasi:
Gunakan stoking antiemboli sesuai indikasi Berikan antikoagulan seperti heparin, warfarin (coumadin).
4.      Tindakan Rasional
Indikasi adanya emboli sistemik ke otak. Emboli arterial pada jantung atau organ penting lain dapat terjadi sebagai akibat penyakit jantung atau disritmia kronik. Kongesti vena dapat menunjukan tempat trombus pada vena-vena yang dalam dan emboli paru. Inaktifitas / bedrest yang lama dapat menimbulkan terjadinya kongesti vena dan trombosis vena. Indikasi adanya emboli ginjal
Indikasi emboli kandung empedu Untuk membantu mencegah peyebaran atau perpindahan emboli pada pasien dengan endokarditis. Pada bedrest yang lama (sering dilakukan oleh pasien dengan endokarditis dan miokarditis) beresiko untk mengalami tromboemboli. Menggunakan sirkulasi perifer dan arus balik vena dan mengurangi resiko trombus pada vena superfisial/vena yang lebih dalam. Heparin dapat digunakan secara propilaksi pada pasien dengan bedrest yang lama seperti sepsis atau CHF dan sebelum atau sesudah operasi penggantian katub. Catatan heparin merupakan kontradiksi pada perikarditis dan cardiac tamponade. Coumadin adalah pengobatan jangka panjang yang digunakan untuk setelah penggatian katub atau pada emboli perifer.

Diagnosa V : Kurangnya pengetahuan (mengenai kondisi dan tindakan) sehubungan dengan kurangnya informasi tentang proses penyakit, cara pencegahan terjadinya komplikasi.
1.   Ditandai oleh :
• Bertanya-tanya tentang inforamsi
• Kegagalan untuk perbaikan
• Pencegahan komplikasi
2.   Kriteria evaluasi:
• Mengungkapkan pengertian tentang proses infeksi, tindakan yang dibutuhkan dengan kemungkinan komplikasi.
• Mengenal perubahan gaya hidup/tingkah laku untuk mencegah terjadinya komplikasi.
3.   Tindakan keperawatan
Independen:
Jelaskan efek emosi inflamasi pada jantung secara individual. Berikan penjelasan mengenai gejala-gejala komplikasi dan tanda-tanda tersebut harus segera dilaporkan pada petugas kesehatan seperti demam, peningkatan nyeri dada yang luar biasa, bertambahnya keterbatasan beraktifitas.
Beritahukan pasien / orang terdekat mengenai dosis, aturan , dan efek pengobatan, yang dianjurkan, pembatasan aktifitas yang dapat dilakukan.
Jelaskan tentang pentingnya pengobatan antibiotik/antimikroba jangka panjang. Diskusikan mengenai prophylaksis penggunaan antibiotika.
Identifikasi tindakan-tindakan untuk pencegahan.
4.   Rasional
Untuk bertanggung jawab kepada kesehatannya, pasien membutuhkan pengertian tentang penyebab khusus, tindakan dan efek jangka panjang yang mungkin terjadi pada kondisi inflamasi, baik tanda dan gejala atau komplikasinya.
Informasi dibutuhkan untuk meningkatkan perawatan diri, untuk menambah kejelasan efektifitas pengobatan dan mencegah komplikasi.
Pemberian antibiotik/antimikroba yang lama baik selama di rumah sakit/di rumah dibutuhkan untuk mendapatkan hasil kultur darah yang negatif sebagai indikasi sembuhnya/hilangnya infeksi.
Pasien dengan riwayat demam rematik termasuk resiko tinggi dan membutuhkan prophilaksis antibiotik jangka panjang.
Pasien dengan masalah-masalah katub tanpa riwayat demam rematik membutuhkan antibiotika jangka pendek sebagai proteksi terhadap tindakan-tindakan yang dapat menyebabkan transitnya bakteri, seperti pada gigi, tonsilektomi, pembedahan atau biopsi pada mukosa saluran pernapasan, broncoscopi, insisi, atau drainase infeksi jaringan dan tindakan urologi atau gastrointestinal dan kelahiran.
Bakteri umumnya didapatkan di dalam mulut. pada gusi dapat masuk melalui sirkulasi.
Perawatan gigi yang kurang baik. Cegah penderita agar tidak terkontaminasi infeksi(khususnya infeksi saluran pernapasan).
Pilihlah metode yang tepat untuk KB (pada penderita wanita)
Hindari pemakaian obat suntik per intravenus sendiri.
Meningkatkan cara hidup sehat seperti intake makanan yang baik, keseimbangan antara aktifitas dan istirahat, monitor status kesehatan dan adanya infeksi.
Patuhi immunisasi seperti vaksin influensa sesuai indikasi.
Identifikasi sumber-sumber pendukung yang memungkinkan untuk mempertahankan perawatan di rumah yang dibutuhkan.
Identifikasikan resiko faktor predisposisi dimana pasien dapat mengontrol seperti, penggunaan obat-obatan intravena (endokarditis) dan cara pemecahan masalah sistemik.
Perkembangan infeksi khususnya infeksi streptokokus dan pnemokokus atau influensa meningkatkan kemungkinan resiko gangguan jantung.
Penggunaan IUD dapat menjadikan mata rantai resiko terjadinya proses infeksi pelvis.
Mengurangi resiko langsung terjadinya / masuknya patogen melalui sirkulasi sistemik.
Meningkatkan sistem immun dan pertahanan terhadap infeksi.
Mengurangi resiko terjadinya infekasi yang dapat menyebabkan infeksi jantung.
Keterbatasan aktifitas dapat mengganggu kemampuan pasien untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.
Pasien dapat dimotivasi dengan adanya masalah-masalah jantung untuk berusaha berhenti menggunakan obat-obat terlarang atau perilaku yang merugikan.

Pendidikan Kesehatan untuk klien dan keluarganya.
Rencana pendidikan kesehatan untuk pasien dengan endokarditis disesuaikan dengan penyebab penyakit, pengobatan teratur, tehnik pemberian antibiotika secara intravena dan cara-cara meminta bantuan orang lain serta identifikasi perkembangan infeksi.
Perawat mengajar pasien bagaimana memasukkan antibiotik secara intravena, bagaimana menggunakan obat-obat heparin, dan bagaimana agar tidak terjadi pembekuan darah.
Klien dan keluarganya dapat mendemonstrasikan cara-cara tersebut sebelum keluar dari rumah sakit Perawat menganjurkan klien untuk memelihara kebersihan, khususnya kebersihan mulut.
Klien dianjurkan untuk menggosok gigi sekurang-kurangnya dua kali sehari dan membersihkan mulut dengan air setelah sikat gigi.
Klien diinstruksikan untuk meningkatkan perawatan kesehatannya, termasuk kebersihan gigi dan gusi, penggunaan kebutuhan antibiotik propilaksis dilakukan sesuai prosedurprosedur diatas.
Klien dapat menggunakan anti koagulan pada saat terjadinya perdarahan dan memonitor waktu pembekuan darah.
Memonitor sendiri perkembangan endokarditis untuk mencegah komplikasi terjadinya gagal jantung dan gejala-gejala emboli.
Klien diinstruksikan untuk memonitor suhu setiap hari dan mencatatnya selam enam minggu.
Klien diharuskan untuk mencatat saat panas, kedinginan, malas, berat badan menurun atau timbulnya pteki agar dapat meningkatkan kesehatan yang prima.
Perawatan di rumah sangat dibutuhkan sebagai tindak lanjut pada lingkungan rumah. Ini akan menjadi lebih penting bagi klien.

BAB IV
PENUTUP
4.1.Kesimpulan
Miokarditis adalah peradangan atau  inflamasi pada miokardium.Peradangan ini dapat disebabkan oleh penyakit reumatik akut dan infeksi virus seperti cocksakie virus, difteri , campak, influenza , poliomielitis, dan berbagai macam bakteri, rikettsia, jamur, dan parasit.
 Selain itu, gejala miokarditis dipengaruhi oleh jenis infeksi, derajat kerusakan jantung dan kemampuan miokardium memulihkan diri. Gejala ini biasanya ringan atau bahkan tidak sama sekali.
Akan tetapi, hal ini dapat dicegah dengan imunisasi yang tepat dan penanganan awal nampaknya sangat penting dalam menurunkan insidensi miokarditis.
4.2.Saran
Setelah membaca makalah ini diharapkan dapat menambah pengetahuan tentang miokarditis, sehingga dapat lebih mengenali dengan gejala-gejala yang ditimbulkan, baik gejala yang dapat dirasakan maupun tidak, serta dapat mencegah terjadinya peradangan ini dengan melakukan pemeriksaan yang teratur, dapat juga mencegah dengan cara imunisasi.













DAFTAR PUSTAKA

Anonim. (2011) Asuhan Keperawatan Pada Klien Dengan Miokarditis  [internet]. Bersumber dari http://nursecharisma.blogspot.com/2011/02/asuhan-keperawatan-pada-klien-dengan.html Diakses tanggal 13 September 2011, pukul 20:30 WIB.

Anonim. (2011) Diagnosis dan Penatalaksanaan Pada Miokarditis  [internet]. Bersumber dari http://sehat-enak.blogspot.com/2011/04/miokarditis.htmlDiakses tanggal 13 September 2011, pukul 20:30 WIB.

Hanifah, Yasmina. (2010). Kardiomiopati Pada Infeksi Hiv [internet]. Bersumber dari http://www.kardiologi-ui.com/newsread.php?id=357 Diakses tanggal 13 September 2011, pukul 20:30 WIB.

Kanrado. (2011). Asuhan Keperawatan Miokarditis [internet]. Bersumber dari http://irh4mgokilz.wordpress.com/2011/06/15/asuhan-keperawatan-miokarditis/.Diakses tanggal 13 September 2011, pukul 20:30 WIB.

Linggajaya, Widhongyudana. Setiawan, Rita. Suryadi, Mulyawan dan Sunotoredjo,Gideon. (2010). Uji Diagnostik Troponin T-RA Pada Penderita Miokarditis Akut. [internet]. Bersumber dari http://majour.maranatha.edu/index.php/jurnal-kedokteran/article/view/18 Diakses tanggal 13 September 2011, pukul 20:30 WIB.

Marto, Friski. (2010). Asuhan Keperawatan Klien Gangguan Kardiovaskuler (Endokarditis, Miokarditis, Perikarditis). [internet]. Bersumber dari http://pt-br.facebook.com/topic.php?uid=202045091130&topic=13923 Diakses tanggal 13 September 2011, pukul 20:30 WIB.

Patriani. (2008). Askep Miokarditis [internet]. Bersumber dari http://asuhan-keperawatan-patriani.blogspot.com/2008/07/askep-myocarditis.html Diakses tanggal 13 September 2011, pukul 20:30 WIB.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Buku Tamu